Text
Analisa Usaha Dan Strategi Pemasaran Telur Asin Ud. Putri Nanda
Analisa Usaha Dan Strategi Pemasaran Telur Asin Ud. Putri Nanda
Abstrak
Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu daerah yang mempunyai produk makanan yang cukup banyak. Salah satunya industri kecil merupakan kegiatan industri yang mampu memperluas lapangan kerja dan berperan dalam proses peningkatan pendapatan masyarakat, bahkan dimasa kritis industri kecil dikenal mampu bertahan dalam pertumbuhan ekonomi, terutama pengolahan hasil dibidang produksi telurasin adalah adanya kegiatan home industri. Telurasin merupakan salah satu produk home industri berupa jenis makanan yang berbahan dasar dari telur bebek. Keberadaan industri telurasin di Desa Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto ini sudah tergolong lambatt. Permasalahan yang terjadi pada industri telur asin di Desa Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto pada dasarnya sama dengan permasalahan yang dihadapi oleh industri kecil yang berada di daerah lain yaitu diantara permasalahan yang berasal dari lingkungan internal industri adalah modal yang kecil, sedikitnya daerah pemasaran dan labilnya pemasaran telur asin sehingga menyebabkan kegiatan produksi yang terbatas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keuntungan dengan metode analisa penerimaan dan efisiensi menggunakan metode R/C ratio dengan ketentuan jika R/C > 1 maka usaha efisien untuk di jalankan, jika R/C 1,3. Maka usaha ini menguntungkan dan efisien untuk dijalankan.Dari hasil Matriks IFES dan EFES diperoleh posisi perusahan yang berada pada Kuadran I. Dari kuadran tersebut strategi yang di rekomendasikan adalah strategi Progresif. Kemudian dari Matriks SWOT pilihan alternatif strategi yang tepat yang dapat diterapkan usaha telur asin dimasa yang akan datang adalah strategi W-T dengan meminimalkan kelemahan yang dimiliki serta menghindari ancaman yang ada.
Kata Kunci: Analisa Usaha dan Stategi Pemasaran Telur Asin UD. Putri Nanda, R/C Ratio, SWOT Analisis.
No copy data
No other version available