Text
STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS AGLAONEMA PADA MASA PANDEMI COVID-19
STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS AGLAONEMA PADA MASA PANDEMI COVID-19
ABSTRACTAglaonema merupakan tanaman hias yang digemari selama masa pandemi Covid-19 bahkan menjadi trand tanaman hias. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. faktor internal dan eksternal usaha pemasaran tanaman hias Aglaonema di jalan Brawijaya Kota Mojokerto dilihat dari analisis SWOT. 2. Menganalisis dan menentukan strategi pemasaran tanaman hias pada masa pandemi covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, Lokasi dalam penelitian ini berada di jalan brawijaya, Kota mojokerto. peneliti akan mengambil sampel berdasarkan penlitian Putri, D. A. (2015) dengan sampel yang diambil adalah 3 sampel, pada penelitian ini saya melebihan menjadi 5 sampel. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. memperbanyak jenis tanaman untuk memenuhi permintaan, harga yang ditawarkan kompetitif, lokasi yang strategis, memberikan diskon dan bonus jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak. pengusaha juga memasarkan tanamannya di media sosial seperti instagram, facebook, dan whatsapp, pegawai yang bekerja juga terampil agar dapat memuaskan konsumen, semua tanaman diberikan pot yang bagus dan cantik, tanaman juga dirawat secara teratur dengan melakukan pemupukan, penyiraman, dan perawatan pada daun. 2. Strategi kuadran SWOT menyatakan bahwa TokoSinar Berlian, Cahaya Barokah Florist, Kiki Rahayu, dan Tiga Bersaudara berada pada kuadran 1. Hal ini menyatakan bahwa usaha ini memiliki kekuatan dan peluang besar untuk di kembangkan kedepannya. Strategi pemasaran yang tepat adalah strategi SO, Dimana usaha ini harus memfokus pada strategi SO yaitu membuka cabang baru, memproduksi bunga-bunga yang lebih unik dan lebih bervariasi, selalu menjaga kualitas bunga dan merawat bunga setiap hari sehingga usaha ini tetap berjalan lancar dalam menjalankan usaha kedepanya. Sedangkan Tegar Jelita berada pada kuadran 3, dikarenakan Tegar Jelita memiliki peluang dan kelemahan yang besar, strategi pemasaran yang tepat adalah strategi WO, dimana pengusaha hars memanfaatkan peluang yang ada untuk menutupi kelemahan yang dipunya.Kata kunci : Tanaman Hias, Agaonema, IFAS, EFAS, Analisis SWOT
No copy data
No other version available