Text
HUBUNGAN ANTARA LOKASI, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KLINIK KECANTIKAN HOME BEAUTY27 MOJOKERTO JAWA TIMUR
Abstrak
Kepuasan pelanggan adalah hasil yang dirasakan pembeli dari kinerja suatu perusahaan yang memenuhi harapan mereka yang dapat memberikan manfaat bagi perusahaan itu sendiri. Penelitian ini meneliti faktor lokasi, harga dan kualitas layanan pelanggan yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan di Klinik Kecantikan Home Beauty27 Mojokerto. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lokasi, harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Kecantikan Home Beauty27 Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif ini, teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah accidental sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel selain itu peluang tidak memerlukan durasi yang lama. Metode pengumpulan berupa kuesioner, wawancara dan dokumentsi. Populasi dari penelitian adalah pelanggan di Klinik Kecantikan Home Beauty27 Mojokerto. Jumlah populasi dan sampel 100 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang pengolahannya dilakukan dengan program SPSS 25 (Statistical Package for Social Science 25).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -1.306 + 0.340X1 + 0.178X2 + 0.204X3. Variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Kecantikan Home Beauty27 Mojokerto. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Kecantikan Home Beauty27 Mojokerto. Variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Kecantikan Home Beauty27 Mojokerto. Variabel lokasi, harga dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Klinik Kecantikan Home Beauty27 Mojokerto. Dengan menggunakan output IBM SPSS 25, hasil uji hipotesis uji t menunjukkan masing-masing variabel signifikan yaitu lokasi 0,014 (X1), harga 0,017 (X2) dan kualitas layanan 0,013 (X3) dengan nilai signifikan kurang dari 0,05.
Kata Kunci: Lokasi, Harga, Kealitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan
No copy data
No other version available