Text
Analisis Kepercayaan, Kenyamanan, dan Kemudahan Pelanggan Gojek Online di Kota Malang
ANALISIS KEPERCAYAAN, KENYAMANAN
DAN KEMUDAHAN PELANGGAN GOJEK ONLINE DI KOTA MALANG
ABSTRAK
Pengguna internet di Indonesia yang
semakin meningkat dapat menyebabkan perubahan pada
pola pikir masyarakat dalam menggunakan suatu layanan jasa transportasi. Perkembangan teknologi ini
sendiri telah mempengaruhi seseorang untuk menciptakan berbagai macam inovasi baru yang dimana
dapat dengan mudah menghubungkan antara pelanggan yang membutuhkan layanan jasa transportasi
dengan penyedia layanan jasa transportasi melalui aplikasi layanan jasa transportasi online di
smartphone. Jasa transportasi online gojek sekarang sudah tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia.
Hampir diseluruh penjuru baik kota kecil maupun besar semua dapat menggunakan jasa ojek online.
Tetapi perlu disadari juga bahwa pelayanan transportasi jenis ini bukan satu-satunya. Oleh sebab itu jasa
transportasi gojek online ini juga harus memiliki cara-cara untuk menarik simpati para pelanggan. Maka
dalam penelitian ini akan menentukan seberapa kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan jasa gojek
online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kepercayaan,
kemudahan dan kenyamanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan menggunakan jasa
transportasi online gojek di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
OLS (Ordinary Least Square).. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh masyarakat Kota Malang
pengguna transportasi online gojek khususnya pada layanan gojek sehingga jumlahnya tidak dapat
diprediksi atau tidak terhingga. Populasi dan sampel yang digunakan adalah 96 responden. Teknik
Analisis Kepercayaan, Kenyamanan dan...
(Nidya Rizkawati, Eny Rachmawati, Anti Ati
Wijayanti)
analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasi regresi . Hasil pengujian
menunjukkan bahwa Kepercayaan, Kenyamanan, dan Kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan secara bersama-sama. Sedangkan uji hipotesis parsial menunjukkan bahwa faktor kepercayaan,
kenyamanan serta kemudahan berpengaruh secara sendiri-sendiri terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan, Kenyamanan, Kemudahan
No copy data
No other version available