Text
ANALISIS PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR DALAM MEMPENGARUHI STRES KULIAH MAHASISWA MANAJEMEN (Studi Mahasiswa Semester Akhir Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto)
ANALISIS PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR DALAM MEMPENGARUHI STRES KULIAH MAHASISWA MANAJEMEN
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap stres kuliah. Penelitian inimenggunakan metode kuantitatif dengan teknik purpose sampling. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto tahun akademik 2017/2018 yang sedang menyusun skripsi (tugas akhir). Sampel berjumlah 93 orang responden dengan karateristik hampir 90% mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan studi pustaka denganalat uji yang digunakan uji validitas, uji relibilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi dengan diolah menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kecerdasan emosional berpengaruh sigifikan terhadap stres kuliah, sedangkan perilaku belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap stres kuliah. Variabel kecerdasan emosional dan perilaku belajar bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap stres kuliah, sehingga hipotesa dapat dibuktikan kebenarannya. Kata Kunci : kecerdasan emosional, perilaku belajar, stres kuliah
No copy data
No other version available