Text
Faktor-faktor Keputusan Pembelian Secara Online
Teknologi dan isu globalisasi memicu setiap bisnis untuk melakukan perubahan terhadap
penyelesaian terkait tantangan dan persaingan yang dihadapi, hal tersebut disebabkan adanya
kemunculan akses pasar online yang lebih transparan sehingga konsumen menjadi lebih aktif untuk
berbelanja online dibandingkan dengan berbelanja secara konvensional. Memahami perilaku
konsumen menjadi suatu keharusan karena sebagai peluang bagi bisnis tersebut untuk lebih sukses
dan efisien. Untuk itu penelitian ini berusaha untuk mengevaluasi faktor-faktor penentu keputusan
pembelian online dengan memfokuskan secara menyeluruh pada variabel-variabel kunci seperti
pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, efisiensi biaya dan waktu serta
persepsi kemudahan. Penelitian ini mengandalkan pendekatan kuantitatif, dan teknik survei online
digunakan untuk mengumpulkan data primernya. Responden yang ditargetkan di penelitian ini
dipilih secara tidak acak berdasarkan pengamatan kepada mereka yang menggunakan internet untuk
berbelanja. Ada 100 responden yang dilibatkan untuk memenuhi jumlah minimal dari sebuah
pengamatan. Responden berasal dari mahasiswa yang berdomisili di kota Sidoarjo. Data dan analisis
statistik deskriptif akan dientri melalui SPSS yang digunakan untuk analisis validitas, reliabilitas, uji
asusmi klasik, uji t dan uji F. Penentuan model regresi juga diperoleh dari output model regresi ini.
Berdasarkan temuan penelitian ini, pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif,
biaya dan efisiensi waktu, kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian akhir.
No copy data
No other version available